daily

Hello World (2022 Edition)

dipublikasi pada tanggal: 06/1/2022

Ah sudah 2022, dan ini adalah rekap tahunan yang biasa dilakukan tiap tahun sebelumnya (2021, 2020, 2018), walaupun ya cukup acak.

Pada tingkat ini saya pikir blog ini isinya cuma rekap tahunan 😀 karena memang belakangan terutama tahun 2021 jumlah postingan baru cuma 2 post!

Jadi apa sih yang terjadi di 2021?

Struggling, jujur saja, finansial sedang tidak baik dan lanjut ke semua permasalahan lain. Saya merasa seperti tahun-tahun awal freelancing, dimana masih mencari projekan kanan kiri, dan saya menyadari bahwa keadaan itu tidak reliable lah.

Side Project yang saya kerjakan bersama partner di akhir 2020 juga tidak kunjung selesai (bahkan sampai awal 2022 ini), dan sejujurnya saya juga jadi merasa tidak enak dengan semua pihak yang terlibat, apakah harusnya dihentikan saja?

Di sisi lain, Q4 2021 sangat menarik, akhirnya saya memutuskan untuk balik ngantor, ya, saya bergabung dengan RunCloud, sebuah perusahaan digital yang berasal dari Malaysia. Remote tentu saja, karena itu adalah 1 dari 3 syarat utama yang selalu saya tanyakan setiap ada tawaran untuk balik ngantor.

Tentu saja ini menjadi titik balik, karena saya sudah bekerja secara freelance selama kurang lebih 5 tahun, dan jujur saja, saya sangat menikmatinya. Hanya saja benar kata senior saya, bahwa ya 3 tahun itu waktu paling panjang seorang menjadi freelancer, 5 tahun sudah kelewatan dan bisa backfired kalau kelamaan, dan lagipula ya baru kerasa dan harus diakui, freelancing gak reliable untuk jangka panjang, saya sudah menyadari ini sejak membaca buku Stop thinking like Freelancer tapi ya gitu, keterusan.

Ah, terus investasi saham gimana?

Ya, postingan tahun lalu tentang ketertarikan saya dengan investasi saham terus berlanjut, pada tingkat ini, saya merasa sudah menemukan gaya investasi yang cocok buat personal saya sendiri, berikut juga ciri emiten yang sesuai dengan interest saya. Berdasarkan laporan dari sekuritas saya, tahun ini saya berhasil mendapatkan profit total 18%, salah satu emiten bahkan sampai profit 62%, dan ya tentu saja ada yang minus, terima kasih kepada diversifikasi, kerugiannya ketutup 🙂

Bagaimana tahun 2022 ini?

Saya gak terlalu yakin, tapi karena sekarang sudah bukan freelancer lagi, dan balik ke jam kerja normal, tentu saja ini akan banyak mempengaruhi siklus hidup :), tapi sisi positifnya akan jadi lebih terstruktur, walaupun ya belum tau, masih masa honeymoon soalnya, jadi masih serba enak saja.

Saya akan tetap menyempatkan waktu untuk side project yang bersifat produk digital, semangat itu tetap ada, menjadi maker tetap menjadi goal saya yang belum terselesaikan dalam beberapa waktu terakhir.

Ah, tahun ini juga si anak pertama sudah masuk usia sekolah SD, so yah, saya sama tidak sabarnya sama si anak nunggu nanti sekolah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *