Installing windows 11

Akhir pekan ini saya mencoba untuk instalasi Windows 11, cukup mengejutkan karena ternyata ribet amat, asli.

Seharusnya tidak ribet kalau kamu punya laptop atau PC Windows, mereka sudah ada tool untuk bantu install Windows lainnya. Untuk saya yang bahkan punya Ubuntu dan MacOs complicated banget.

Saya mencoba untuk menggunakan trik yang biasa dipakai untuk instalasi OS, pakai Unetbootin dan juga Etcher, tapi selalu gagal, perlu driver katanya, tapi gak disebutkan driver apa yang diperlukan.

Setelah download driver sana sini, utak Atik BIOS, ganti USB disk, masih juga ga bisa.

Perasaan dulu yang ribet begini ini kalau install Linux, ini Windows gini amat.

Setelah sekitar 5 jam (tidak termasuk isoma, dan tidur siang), akhirnya saya pasrah dan nyoba trik sederhana dari YouTube dibawah, ternyata malah berhasil.

Saya gak yakin sih masalahnya dimana, tapi sepertinya masalah di format disk.

Teorinya, format Fat32 punya limit yaitu ga boleh ada file yang lebih dari 4GB, tapi instalasi windows 11 ada 1 file yang 4.6GB, oleh karena itu kebanyakan diformat jadi exFat.

Nah, tutorial yang ada di video ini tetep pakai Fat32, tapi itu file gede tadi displit, dan ternyata bisa dong! Termasuk juga format MBR yang sebenarnya bikin gak terbaca di BIOS boot order, tapi malah bisa dipakai install.

Berasa balik ke masa kuliah, dimana ngoprek untuk bisa install OS, bedanya kali ini yang dioprek adalah Windows, dan tentu saja seperti masa kuliah juga, partisi hardisk terhapus dan jadi kosong tak ada yang tersisa ๐Ÿ˜‚ benar-benar nostalgia.


Satu tanggapan untuk “Installing windows 11”

  1. […] sambungan dari proses instalasi Windows 11 kemarin, setelah akhirnya terinstal, berikutnya adalah setup environment buat keperluan kerjaan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *