Halo, 2023

Sudah 2023 dan ini adalah waktunya untuk review 1 tahun kebelakang. Things feel so different this year, saya merasa fresh dan bersemangat tahun 2022 ini, ada banyak hal baru yang dilewati.

Personal

Paling nyata tahun ini adalah fakta bahwa saya akhirnya kembali ngantor, setelah fulltime freelancing sekitar mmm 5-6 tahun? saya lupa detailnya, tapi ya akhirnya sejak oktober 2021 saya bergabung sebagai software engineer di RunCloud, yang otomatis merubah banyak hal.

Salah satu yang paling kerasa itu sekarang jadi punya jam kerja, dan itu mempengaruhi cycle rutinitas keseharian saya. Mau gimana lagi, biasanya kerja ala flexible working hours, sekarang jadi punya jam kerja. Walaupun sebenarnya tetep Bekerja secara remote aka WFH, tetap saja saya merasa mesti standby 9-6. Sisi positifnya, saya mulai belajar disiplin lagi ๐Ÿ™‚

Ah, selain masalah jam kerja, karena sekarang ngantor jadi gak bisa tiba-tiba jalan atau main lagi, seperti yang biasa saya lakuin kalau lagi pengen refreshing, jalan-jalan di weekday itu tetep paling menyenangkan.

Sudah gitu, anak saya juga sudah masuk sekolah tahun ini, jadi makin ribet atur jadwalnya, dan ya mesti bagi waktu untuk kegiatan antar jemput juga, dan kegiatan ekstra lainnya yang ya butuh lebih banyak spare waktu, fokus dan energi.

Kerjaan

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, saya saat ini gabung disebuah perusaan IT yang istilah kerennya itu SaaS, Software as a Service. Sebelumnya, saya bekerja di perusahaan IT itu selalu terkait atau mirip dengan agency atau apa ya istilahnya, intinya saya membuat produk (website biasanya) untuk klien, dan ya sudah lepas. Nah sekarang jadi berbeda karena fokusnya untuk mengembangkan produk, yang memberikan suasana baru, karena mindset nya jadi berkreasi mengembangkan fitur dan memberikan layanan secara general.

1 tahun kebelakang ini fokus saya dibagian fitur Backup & Restore, waktu di assign untuk fitur ini, saya senang sekali karena memang dari dulu saya pengen punya sistem backup sendiri untuk keperluan pribadi dan projek-projek saya, jadi penugasan ini sekaligus kesempatan untuk belajar dan mengeksplorasi sistem backup.

Side Project

Ini bagian yang paling tertinggal, padahal fokus saya di 2022 adalah punya produk digital sendiri, saya juga partneran dengan beberapa kawan, namun pada akhirnya gak bisa dibilang berhasil, stuck dalam waktu berkepanjangan.

Jujurnya memang susah, seperti ada segitiga prioritas, Personal & Keluaga, Kerjaan, dan Side Project, dan kamu cuma bisa pilih 2, karena dengan melakukan dan memprioritaskan 2 hal, membuat hal ke-3 jadi terbengkalai. Saya salut lah sama beberapa teman-teman yang bisa tetap menjalankan ketiganya bersamaan, saya tidak sekuat itu ternyata.

Dilain sisi, ada beberapa projek yang sebenarnya sudah dibuat dan berjalan sejak sebelum saya ngantor, dan projek-projek tersebut tetap berlanjut dan malah semakin membesar, yang mana malah jadi pemasukan tahunan. Di tahun 2023 ini, sepertinya saya akan fokus ke projek-projek tersebut, menambahkan fitur-fitur baru dan “peningkatan kestabilan”, yada yada.

Investasi

Saya mulai tertarik investasi baru di tahun 2019 lalu, mostly saham, tapi waktu tahun-tahun tersebut terkesan malah jadi trader abal-abal, tapi saya sih melihatnya itu sebagai kesempatan belajar, karena setelah saya amati, kamu gak bisa investasi saham tanpa terjun dan merasakan langsung, kalau beruntung dalam 1-2 tahun akan mendapatkan pengalaman dan buah dari masa pembelajaran tersebut.

Saya sendiri akhirnya di tahun 2022 tadi ini seperti menemukan gaya investasi yang cocok dengan saya sendiri, yang mana secara garis besar bisa dibilang “invest, DCA & forget“. Bukan trik yang 100% benar, dan ini yang menarik di pasar modal, bahwa di sana gak ada hal yang pasti benar, kebanyakan adalah menunggu waktu membuktikan.

Blog

Belakangan juga mulai aktif nge-blog lagi, walaupun ya tulisannya sangat random, gak tehnikal atau detail seperti dulu, gak ada ide dan gak mudah euy haha.

Semakin kesini saya merasa blog > sosial media, pertama karena ya platform nya punya saya sendiri, tampilan dan fitur bisa saya handle sendiri, dan kalau terjadi migrasi sosial media besar-besar-an, saya gak perlu kuatir. Oh, dan saya gak perlu kuatir sama algoritma yang menurut saya lebih banyak efek buruknya dibanding ide bagus awalnya.

2023

Goal untuk 2023? not sure, tapi saya pengen lebih rileks. 2020-2021 saya hustling karena hari-hari manis saya sebagai freelancer telah selesai, 2022 kemarin saya hustling untuk menjaga kestabilan setelah 2 tahun hustling. Tahun ini saya ingin lebih rileks, lebih selow, karena saya tahu tahun depan berarti tahun ketiga saya ngantor, yang artinya akan mulai hustling lagi karena berdasarkan pengalaman, saya gak bisa duduk 3 tahun ditempat yang sama, tapi ya who knows.. ๐Ÿ™‚


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *