Password Manager

Beberapa hari lagi langganan 1password saya sudah mau expired, ini sudah tahun ke-3 saya menggunakan 1password sebagai password manager saya, dan apakah lanjut jadi tahun ke 4?

Saya mencoba mencari alternatifnya, dan sebenarnya ada banyak aplikasi password manager, tapi sementara ini belum ketemu yang cocok. Ada beberapa alternatif yang saya sempat lihat.

Pertama LastPass, di kantor sebenarnya pakai ini untuk share password berbagai macam layanan. Saya suka sih ini fitur share nya, karena si penerima share bisa dapat akses ke layanan tanpa tau password aslinya, dan juga penerima gak harus langganan LastPass, (1password sepertinya harus punya langganan untuk menerima akses). Tapi ya gitu, 1 tahun kebelakang, ada banyak berita tidak mengenakan buat LastPass. Sudah banyak beredar berita bagaimana hacker berhasil mengambil data LastPass, dan cukup massive, setiap klarifikasi dari tim LastPass selalu diikuti dengan berita lebih besar berikutnya yang menandakan kebocorannya lumayan dalam juga.

Secara pricing LastPass kurang lebih aja sama 1password, jadi agak susah buat pindah eh. Tapi untuk plan Keluarga, LastPass lebih murah sih, jadi mungkin bisa jadi pertimbangan buat yang mau paketan.

Kedua, Bitwarden, ini yang cukup populer juga terutama ya karena lebih murah dan bahkan free. $10 untuk akun premium selama 1 tahun vs $35 di 1password, lumayan sih, sepertiga nya saja. Sejujurnya saya gak ketemu banyak masalah pada Bitwarden, selain tampilannya yang agak ketinggalan 10 tahun, dan ya saya keganggu akan hal itu.

Ketiga, yang terbaru, ProtonPass, masih baru banget, dan masih ada promo yang bikin harganya bisa dibilang murah. Cukup punya potensi untuk populer, mengingat dibelakangnya ada Proton yang sudah famous lah untuk orang-orang yang peduli dengan privacy. Tapi untuk saat ini sayangnya tidak ada aplikasi desktop nya, bahkan web nya saja pun tidak ada, hanya browser ekstension. Menurut saya kekurangan banget itu, mau akses password mesti buka web browser.

Selebihnya, ada banyak sebenarnya alternatif lain, tapi hampir semuanya main di harga yang kurang lebih sama seperti 1password, jadi menurut saya gak worth untuk pindah.

1Password

Jadi apa sih yang spesial di 1Password?

Ada beberapa hal yang bikin saya masih menggunakan 1password dan males pindah ke alternatif lain.

  1. Lengkap untuk semua platform, di Linux juga ada aplikasi desktop, jadi lebih mudah digunakan.
  2. Secara tampilannya oke, sekali lagi, untuk di Linux pun oke juga. Ya biar gimana, saya bisa 10 kali sehari buka 1password untuk ambil password, jadi tampilan mesti oke.
  3. 3 tahun penggunaan, saya gak pernah merasa “harusnya ini gini ni”, atau “akan lebih baik kalau 1password…”. Artinya gak pernah merasa ada yg perlu diperbaiki, semua lancar dan baik-baik saja tanpa isu, yang mana sekarang adalah hal langka apalagi sebagai programmer, biasa suka ngeluh sama aplikasi yang dipakai.

Yang paling penting dan gak dimiliki oleh password manager lain, Secret Key!

Di 1Password, selain perlu email dan master password untuk login ke aplikasi, seperti aplikasi lainnya, ada 1 lagi yang namanya secret key. Pada dasarnya, secret key ini semacam password kedua, dan ini fully generated, yang bahkan hash-nya pun tidak tersimpan di server 1password. Jadi seandainya 1password dibobol, terus database nya diambil, dan hash account password di decrypt, tetap gak akan bisa login karena perlu secret key ini.

Kamu bisa baca lebih jauh tentang secret key disini: https://support.1password.com/secret-key-security/

Saya sendiri juga, kalau kehilangan ini secret key bisa mampus karena gak akan bisa login apalagi cuma “reset password”, gak akan bisa.

Jadi untuk keamanan akan jauh lebih aman di 1password sih menurut saya, dan juga karena perusahaanya memang fokus di industri password dan cybersecurity, jadi bisa dibilang mereka selalu update dan akan lebih fokus dan gak sibuk nawarin bundle2 aplikasi lain layanan mereka.

doh, kalau ditulis gini, kok sepertinya pilihannya bakal lanjut subscription 1password ini.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *