Hai ūüĎč
nama saya Yoga Sukma, saya freelance programmer perakit perangkat digital. Saat ini bekerja sebagai software engineer di runcloud.io.

Saat ini kamu berada di weblog personal saya, tempat dimana saya meletakkan opini pribadi terkait dunia kerja, programming, atau ya keluh kesah ūü§≠.

Tentang Saya

Passionate Web Developer, Internet Tech Enthusiast,  Lovable Daddy.
Nama saya Yoga Sukma, sejak tahun 2008 saya bekerja sebagai Web Developer di bebeberapa tempat. Saat ini saya bekerja sebagai software engineer di RunCloud. Di Runcloud saya bekerja menggunakan Laravel framework dan walaupun tidak banyak, jugamenggunakan beberapa bahasa pemprograman untuk beberapa hal khusus.

Saya bekerja secara remote dari rumah saya di Samarinda, dimana saya tinggal bersama istri dan dua anak saya ūüôā

 

Pengalaman Kerja

Fulltime Freelancing (2016 – 2021)
Saya bekerja sebagai freelancer untuk berbagai macam projek, hampir semuanya adalah projek pengembangan website / web applikasi. Sebagai single fighter, saya mengerjakan hampir seluruh bagian termasuk dan tidak terbatas pada Planning projek, design, development, deployment dan lainnya. Klien berasal dari banyak tempat. Awalnya menggunakan Upwork, namun kebanyakan klien dari Upwork menggunakan jalur personal dan terus berlanjut, juga dari klien lokal dari pemerintahan dan swasta.

Dedicated-IT / Media Axis International¬†(2015 –¬†Maret 2016)
Saya bekerja sebagai remote outsource programmer untuk berbagai macam web development agencies dari beberapa negara dengan berbagai macam jenis project web based.  sebagian besar menggunakan WordPress sebagai platform utama untuk berbagai macam kebutuhan, web profil, toko online, layanan membership, dan lain-lain. Selain develop WordPress theme, dan plugin, saya juga terlibat dalam area frontend, seperti Slicing PSD files, CSS and JS development.

iCreativelabs (Bandung) (2012 Р2015)
Saya berkerja sebagai full backend developer dengan klien-klien dari agensi digital yang menangani brand-brand terkemuka di Indonesia. Projek yang dikerjakan seperti digital media campaign dimana saya membuat layanan web service untuk mempromosikan produk terbaru dan meningkatkan brand awareness dari masyarakat (dalam hal ini netizen) kepada produk klien. Oia, saya juga bekerja secara remote disini.

Freelance, Mahasiswa, Pengajar (2008 – 2012)
Di tahun-tahun awal menjadi mahasiswa, yang kemudian berkerja sebagai freelance web programmer yang menangani klien lokal dari Samarinda. Bekerja untuk membangun berbagai macam kebutuhan seperti profil lembaga, dinas, toko online, dan juga aplikasi intranet. Selain itu juga mengisi sela-sela waktu dengan menjadi pengajar web programming di SMK TI Airlangga Samarinda, Salah satu SMK Swasta yang punya segudang prestasi dalam bidang IT. Juga menyempatkan untuk mengajar selama 1 semester pada STMIK SPB, Politeknik LAMDA.

Project

Saya terlibat dalam beberapa project luar biasa baik sebagai projek kantor ataupun side project di luar kantor. Sayangnya hampir semua pekerjaan kantor berlabel NDA sehingga tidak bisa di list disini. Berikut adalah beberapa project yang memorable banget.

Undas.co (2015)
Tidak ada deskripsi yang pas menjelaskan projek ini, salah satu pembaca mendefinisikan kurang lebih sebagai “website biar update berita dan informasi kekinian di samarinda”. Saya bersyukur punya kesempatan membangun bersama project website ini, mulai¬†dari menerapkan ide desain para founder,¬†maintenance dan menjaga perfomance website,¬†lalu membangun system yang memudahkan para¬†author¬†memanage artikel dan juga membantu bagian¬†marketing¬†menyediakan tempat untuk memasang iklan dan melihat report dari iklan tersebut. Sayangnya karena banyak kesibukan dari kantor sehingga akhirnya saya menyerah dan gak ikut dalam pengembangan undas.co selanjutnya.

Beasiswa Kukar (2013 – 2018)
Ini adalah project jangka panjang saya yang dimulai sejak tahun 2013 lalu, dimana saat itu saya dan tim diminta untuk merombak website mereka dan membuat sistem pendaftaran beasiswa yang tadinya manual dan membutuhkan banyak proses, dibuat menjadi lebih mudah dan cepat secara online. Saya terlibat pada bagian backend system mulai membangun sistem, dan juga memastikan website dapat berjalan tanpa masalah ketika dikunjungi lebih dari ribuan user / hari (paling parah ketika beasiswa baru dibuka), membuat pengolahan data para pendaftar, membuat sistem agar admin dapat mudah menseleksi calon penerima beasiswa dan mengumumkan balik ke penerima beasiswa.

Ceritamu.com (2012)
Ini adalah project besar pertama saya yang saya dapat dari tempat kerja saya di iCreativelabs. Ceritamu.com sudah lama berjalan menggunakan ASP sebagai backend nya. Namun ada beragam hal yang membuatnya worth untuk di bangun ulang menggunakan PHP.  Saya masih ingat bergabung dengan 4 programmer lainnya, dengan beragam latar belakang yang saya baru kenal dalam hitungan hari. Membangun ulang sebuah sistem yang sudah berjalan lama, dengan tanpa membuang fitur yang ada pada sistem yang sudah ada. Setelah projek re-work kelar pun, saya masih terlibat dalam maintenance dan mengawasi perfoma website dan server, menerapkan beragam cara agar website tetap stabil pada sistem yang baru dibangun.