Memilih Monitor

Karena monitor saya rusak dan memang tidak bisa diperbaiki, maka ya saya akan membeli monitor baru.

Jujurnya saya sangat awam dengan spesifikasi monitor, jadi saya berusaha mencari tahu informasi seputar monitor untuk menentukan monitor yang proper untuk keperluan saya.

Tentu saja opsi pertama adalah YouTube Chanel GTID, saya surprise juga itu channel bisa fokus banget bahas monitor doang. Saya belajar beberapa hal, tapi juga memunculkan beberapa pertanyaan lain. Berikutnya saya mengobrol dengan Gemini dari Google, AI dari Google untuk membantu saya mengerti beberapa hal untuk membantu saya memilih monitor sesuai kebutuhan.

Untuk full obrolan saya dengan Gemini, kamu bisa check disini. Pertanyaan yang saya tanyakan mungkin untuk sebagian orang adalah informasi dasar, tapi untuk saya, jawaban dari Gemini sangat mencerahkan saya yang awam ini..

Contrast Ratio

Salah satu monitor yang menjadi target saya, ternyata memiliki contrast ratio yang menurut saya rendah, 1000:1, yang mana beberapa monitor lain yang malah lebih murah, ternyata memiliki contrast ratio lebih tinggi, 3000:1. Ternyata contrast ratio ini dikarenakan perbedaan panel, IPS panel punya contrast ratio yang lebih rendah dibanding VA panel, walaupun IPS panel lebih mahal!.

Sebagai tambahan, contrast ratio mempengaruhi warna gelap dan terang, semakin tinggi contrast ratio artinya gelap dan terang dapat ditampilkan dengan lebih baik, jadi yang hitam akan makin hitam dan putih makin putih, saya suka ini! tapi…

Color Accuracy

Berikutnya adalah color accuracy, yang mana menurut saya dan Gemini, juga merupakan faktor yang sangat penting untuk menampilkan warna yang lebih baik. Dalam hal ini, panel IPS lebih akurat dalam menampilkan warna dibanding VA panel.

Color Accuracy vs Contrast Ratio

So menurut Gemini, color accuracy lebih penting dibanding contrast ratio. Saya juga sempat menanyakan hal yang sama pada ChatGPT, dan ya hasilnya sama, menurut ChatGPT, monitor dengan color accuracy yang baik pada akhirnya akan menampilkan gelap dan terang yang juga baik.

Jadi tentu saja, IPS panel lebih baik (dan memang seharusnya).

Refresh Rate

Salah satu faktor yang saya gak familiar padahal sangat mempengaruhi harga sebuah monitor, refresh rate.

Kebanyakan YouTuber dan reviewer membahas monitor yang memiliki refresh rate tinggi, diatas 150Hz! Monitor Samsung saya sebelumnya juga memiliki refresh rate tinggi, 165Hz. Masalahnya, saya tidak menggunakannya untuk bermain game! sebagian waktu saya untuk bekerja dalam hal ini programming yang mana gak butuh refresh rate tinggi, terus kadang edit foto simple di Lightroom, dan juga jadi media utama untuk nonton. Saya kira saya perlu untuk memiliki refresh rate yang tinggi untuk menonton video, tapi ternyata gak juga, 100Hz sudah lebih dari cukup.

Resolusi

Sebenarnya ini merupakan hal yang paling dasar dan paling awal, tapi saya sempet dibuat bingung, soalnya Xiaomi A27i murah banget! 27 Inch dengan resolusi Full HD! tapi saya melupakan 1 hal yaitu pixel per inch, dimana dengan layar 27 inch dengan Full HD mungkin oke-oke saja, tapi untuk saya yang sebelumnya menggunakan 24 inch Full HD, ini artinya akan berasa karena pixel yang sama di area yang lebih lebar, dan meja kerja saya tetap, jadinya akan tidak nyaman (diawal), apa ya istilahnya, jadi gak enak karena pixel nya jadi makin berjarak (susah banget bahasanya).

Kesimpulan

Jadi berdasarkan pengetahuan baru yang saya dapat, pada akhirnya saya akan memilih monitor dengan panel IPS (untuk color accuracy) dan100Hz (supaya lebih hemat, tapi tetap diatas kebutuhan). Sedangkan untuk resolusi ada 2 opsi: 2 x 24 Inch, Full HD atau 27 Inch, Quad HD aka 2K.

Ya, untuk resolusi saya masih menimbang-nimbang. Soalnya harga 24 inch full HD sekarang bisa dibilang murah banget, setidaknya dibanding Monitor Samsung saya dulu (mungkin karena refresh rate tinggi ya). Jadi dengan memiliki 2 monitor, akan lebih mudah untuk multitasking dan split screen nya, tapi dilain sisi, 2K juga menarik! bisa dibilang jadi upgrade dan new user experiences untuk saya yang sebelumnya Full HD doang.

Jadi, mana yang harus saya pilih ya?


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *