#

MariaDB

Saya sedang mencoba untuk hosting website ini di AWS(Amazon Web Service) EC2 server, saya menggunakan server t4g.micro, server yang bisa dibilang cukup murah, sekitar $8 per bulan. Server ini memiliki 2 vCPU dan 1GB RAM, hasilnya?

Surprisingly, not good.

Blog ini bukan blog populer, atau banyak aktifitas dan sejenisnya, tapi ternyata dalam 1 hari eksperimen sudah mengalami downtime beberapa kali.

Saya yakin server AWS nya gak ada masalah, tapi memang kaget juga spesifikasi server ini gak cukup untuk running blog pribadi.

Berdasarkan quick check, high load nya memang dari database server. Saya menggunakan MySql dan yea sudah menghabiskan 45% RAM sendiri

Bisa dilihat juga, memory terpakai 769M/912M yang mana ya sangat sedikit sisanya, dan juga bisa dilihat uptime nya baru 15 menit, karena memang baru saja mati ketika akan posting tulisan ini.

Saya mencoba memodifikasi cache setting and such, tapi tetep, gak bisa turun. Lalu saya terpikir untuk mencoba menggunakan database MariaDB. Mungkin bisa lebih baik?

And that’s correct!

Ganti ke MariaDB berhasil menurunkan resouces usage.

Hmm..

1 hal ini saja sudah bantu turun lumayan, honestly saya tahu tentang MySql dan MariaDB tapi gak menduga perbedaan usage nya gitu banget, bisa hemat dari 45% usage ke 15% usage.

So ya let see beberapa hari apakah ini cukup untuk mengurangi downtime?

Suka tulisan di blog ini?

Sama, saya juga! Klik subscribe untuk mendapatkan notifikasi postingan baru di blog ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *