#

Tentang pendanaan Laravel

“I’m excited to announce that Laravel has raised a $57M Series A in partnership with Accel.”

Laravel raises a $57 million Series A from Accel

Salah satu big news dari hasil LaraconUS kemarin, Laravel dapat pendanaan dari VC, Accel, yang juga investor di Sentry, Vercel, dan lainnya. Dana yang didapat cukup besar apalagi untuk sebuah open source PHP framework. Jadi, apakah ini good deal?

Adalah normal ketika mendengar tentang sebuah yang projek terutama dibidang perangkat lunak yang mendapat pendanaan maka akan mendapat kekhawatiran akan nasib projeknya, khawatir projek akan lebih fokus meningkatkan profitabilitas karena ya ketika seseorang melakukan investasi, tentunya perlu ROI, yang menyebabkan fungsionalitas sebuah projek tersebut menjadi terbatas, malah takutnya ada semacam pay to use fitur yang mana perlu membayar untuk mendapatkan full feature Laravel.

Tentu saja saya gak tau keadaan masa depan gimana, tapi menurut saya hal ini gak perlu dikhawatirkan untuk Laravel.

Ada banyak alasan, salah satunya sebelum pendanaan, Laravel sudah memiliki banyak fitur penghasil uang, bahkan sejak tahun pertama. Laravel Spark, Nova, Forge, Vapor, semua itu fitur yang premium, fitur yang dari sisi pelayanan dan harga masuk kategori premium, tapi kita tetap bisa menggunakan Laravel tanpa harus menggunakan produk dan layanan tersebut. Jadi produk dan layanan premium hanya untuk yang merasa perlu, dan ada banyak juga alternatif jika tidak mau menggunakan layanan tersebut.

Jadi untuk membuat another premium feature yang bisa menghasilkan pemasukan tanpa harus melukai komunitas, mereka sudah biasa.

Paling nyata ya Laravel Cloud, jelas sekali itu akan premium seperti Vercel (yang juga punya investor yang sama), dan jelas sekali itu layanan yang berguna, tapi apakah harus menggunakan layanan tersebut? gak, deploy sendiri pun bisa.

In fact, saya yakin banyaknya layanan premium tersebut akan sehat untuk Framework sendiri, karena untuk membuat orang mau menggunakan layanan tersebut, Laravel sebagai framework haruslah menjadi lebih baik, sehingga orang tetap mau berada di ekosistem Laravel.

Jadi seandainya ada keputusan terutama dari sisi framework Laravel sendiri yang agak merugikan komunitas, bisa jadi malah userbase nya berkurang dan keseluruhan ekosistem akan runtuh karena ya layanan mereka fokus pada seputar user dan komunitas Laravel.

Diatas itu semua, Taylor looks like good guy, Laravel will be fine.

🤞

Suka tulisan di blog ini?

Sama, saya juga! Klik subscribe untuk mendapatkan notifikasi postingan baru di blog ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *