Ngulik WordPress

Beberapa bulan terakhir saya lebih sering dapet project terkait dengan WordPress Development. Mulai dari pembuatan theme simple untuk keperluan re-design suatu instansi sampai pembuatan plugin yang cukup unik dan “menantang” dari sisi development. Saya sendiri gak asing sebenarnya dengan WordPress karena pekerjaan saya di kantor sebelumnya juga full WordPress theme developer. Walaupun ada banyaak bad-mouth tentang WordPress, tapi ya pasar gak bohong, 25% web di dunia pakai WordPress 😉

Salah satu yang lagi saya kerjakan kali ini adalah project yang skala nya cukup besar, atau bisa dibilang yang terbesar yang pernah saya handle pada platform WordPress. Salah satu toko online yang menjual pakaian anak yang cukup famous dengan sales sampai 250 ribu pcs per 3 bulannya (semoga gak salah info), sedang melakukan migrasi dari sistem mereka yang lama (magento) ke WordPress (dengan woocommerce), dan saya bersyukur dapat terlibat langsung pada projek ini. Projek ini bukan sekedar bikin theme, tapi juga meliputi sistem back office, membership, stock inventory dan beberapa hal lainnya yang semuanya dilakukan diatas platform WordPress.  Kebayang bakal dapet pengalaman handling WordPress untuk very high traffic.

Nah terkait dengan kesibukan saya belakangan dengan ngulik WordPress, ada beberapa artikel terkait yang cukup bagus banget di baca untuk yang lagi berkutat dengan dunia WordPress.

OOP di WordPress, blog dari Carl Alexander ini oke banget, banyak bahasan teknis dan detail tentang penggunaan OOP, Coding Best Practice, Code Refactoring dan lainnya. Kebanyakan bahasannya menggunakan WordPress sebagai bahan acuan, yang mana cocok banget buat yang lagi koding di WordPress supaya kode-mu tetep oke. Tentu saja, walaupun bahan dasarnya adalah WordPress, tapi bisa di praktekan pada berbagai macam projek PHP.

Kritik untuk plugin page builder, saya yakin yang memang kerjaan sehari-harinya terkait dengan WordPress, pastinya sudah baca artikel ini. Ini artikel lagi nge-trend banget di komunitas WordPress karena bener-bener detail dan kritis dan cukup ‘nonjok’ untuk para pengembang page builder yang sudah ternama. Saya sendiri juga kesel sebenarnya ketika dapet salah projek WordPress yang mana ternyata full menggunakan page builder. Bukannya elitist, tapi kerasa banget penggunaan page builder itu bener-bener gak efisien, bloating resource dimana-mana, terus si klien bakal nanya “kok website nya lambat ya”. lebih detailnya, baca deh artikel itu.

7 Kesalahan yang sering dilakuin Developer WordPress, list tersebut bener-bener mencakup beberapa pengalaman buruk yang pernah saya lakuin dulunya, dan makin terasa ketika saya dibagian menerima kerjaan take over dari WordPress developer lain, fiuh. Pada dasarnya Development di WordPress itu mudah, ada banyak fitur yang di sediain buat para developer bekerja dengan baik dan terstruktur, hanya saja kemudahan ini sering di salah gunakan dengan membuat kode yang gak rapi, gak standar, Hardcode, yang jelas bikin pusing developer lain ketika mengambil project take over berbasis WordPress.

Ajax in WordPress, Tom Mc Farlin punya artikel ber-seri yang membahas tentang penggunaan Ajax di dalam WordPress Development. Saya sendiri merasakan untuk menggunakan Ajax di WordPress itu sebenarnya gampang, asal ikut aturan main yang sudah ditetapkan oleh WordPress, gak bisa asal $.ajax, yang mana jadi masalah untuk yang baru terbiasa dengan lingkungan kerja WordPress.

Tips menjadi profesional WordPress Developer, artikel keren yang akan membahas apa aja yang dibutuhkan untuk menjadi WordPress Developer Profesional. Beberapa hal seperti memperdalam skill yang diperlukan, mencari project berbasis WordPress, Berkomunikasi dengan klien, Memperkaya resource untuk tetep in dalam perkembangan WordPress.

Pengalaman Dari developer plugin komersial, yang cukup oke nih dibaca buat yang pengen lebih jauh dalam ranah WordPres Development. Menurut dia sih, jualan plugin itu gak seribet yang dibayangkan.

Ngobrol bareng komunitas pengembang WordPress di Slack. Buat yang pengen lebih in, terus pengen terlibat dalam pengembangan core WordPress atau sekedar baca-baca numpang nguping bagaimana proses review dan approval untuk plugin dan theme yang disubmit ke WordPress, join aja ke komunitas WordPress di slack. Biasanya juga bakal ada meeting besar untuk bahas fitur baru yang bakal diterapin di WordPress versi selanjutnya.

Kembali ke projek yang lagi saya kerjain tadi, sepertinya beberapa minggu atau bahkan bulan kedepan masih bakal berkutat di WordPress development. Saya bahkan belum sempet mencoba laravel 5.3 yang katanya ‘most interesting release’ itu.

Satu Balasan untuk “Ngulik WordPress”

  1. Welcome home! Aku belakangan malah lagi agak jauhan sama WordPress haha. Artikelnya bagus-bagus itu om, beberapa udah baca sih. Untuk yang 7 kesalahan emang kerasa banget kalau lagi kerja tim, kadang kebiasaan di framework lain kebawa dan jadi kurang sesuai sama guideline.

    Btw, bagi tips biar bisa aktif nulis dong. 🙁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *