daily

10/03/2021

dipublikasi pada tanggal: 10/3/2021

Ya ampun, sudah 2021, semuanya berjalan begitu saja, sampai-sampai postingan terakhir adalah Juni tahun lalu.

Yeah, things got weird last year, 2020 kacau bener. Pandemi yang bahkan sampai sekarang sudah 1 tahun berlalu belum keliatan titik ujungnya. Tidak bisa dipungkiri membatasi semua aktifitas dan kegiatan sehari-hari, kehidupan berubah, dan lainnya.

Sebagai orang yang sudah lebih dari 5 tahun WFH, nyatanya tahun kemarin cukup bikin stress juga. Biasanya kalau mau refreshing bisa keluar dan jalan sebentar, sekarang jadi mikir-mikir, apalagi bawa anak-anak.

Jadi, mana annual review untuk tahun 2020?

Ya itu tadi, serba ribet haha.

Dari sisi kerjaan, masih meneruskan trend tahun sebelumnya, bukan efek pandemi, beberapa pekerjaan berhenti dalam waktu barengan cukup membuat kapal terombang-ambing. Saya mengambil ini sebagai kesempatan untuk rehat dari kerjaan, belajar hal baru (React, Android development), bikin projek personal (yang gak kunjung beres).

Karena bikin projek dan produk sendiri itu susah, maka saya saat ini saya join bareng temen lama untuk mengembangkan sebuah (3 ding) produk digital yang masih belum tau juga kapan beresnya. Mereka orang yang sangat berpengalaman dalam hal nelurin ide, building product, marketing, dan sejenisnya, saya fokus di bidang saya saja, bagian koding dan eksekusi sembari belajar dari mereka tentang gimana rilis produk digital.

Di luar kerjaan, Saya malah tertarik pada 2 hal baru selama tahun 2020, pertama adalah Manchester United, yang mulai tahun kemarin ngikutin secara mendalam, nonton tiap match, ngikut komunitas /r/reddevils yang bisa dibilang komunitas Manchester United yang paling masuk akal. Tidak seperti nonton TV series atau film (yang mana saya juga masih suka banget), menonton pertandingan sepak bola itu praktis, 115 menit beres, dan ya sudah, gak bisa keterusan nonton lanjutan dan lainnya, yang ada langsung ke match thread di Reddit dan ikut euforia (kalau lagi menang).

Selain itu saya juga mulai tertarik denvan Investasi saham, secara tidak sengaja, saya memulai di waktu yang tepat, awal ketika pandemi mulai masuk ke Indonesia, dimana sebagai investor pemula itu cukup memberi pelajaran berharga tentang kesabaran haha. Momen yang sangat penting untuk merasakan gelombang besar bearish sepanjang tahun lalu digantikan gelombang besar bullish akhir tahun 2020 dan awal tahun 2021, 1 periode yang sangat bersejarah buat saya pribadi.

So how about 2021? Sejujurnya saya gak punya banyak target tahun ini karena jujurnya masih syok sama tahun kemarin haha. So let’s see what will happened at 2021 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *