Tips untuk freelancers

Seperti yang sudah diketahui, saya bekerja secara freelance dengan berbagai macam clients, baik secara individu, agensi, ataupun institusi secara serius sejak maret 2016 lalu. Sebenarnya jauh sebelum-sebelumnya sejak awal mengenal dunia web development di tahun 2010-an saya sudah memulai freelancing, tapi hanya sekedar sambilan, mengisi waktu, side project intinya gak pernah sampai serius. Ternyata memang sangat berbeda rasanya ketika freelancing sebagai side project atau malah kerja tambahan dengan freelancing sebagai pekerjaan utama.

Sebelumnya saya juga pernah menulis tentang pengalaman saya 6 bulan awal saya freelancing, ada banyak pelajaran yang saya dapatkan. Tapi seperti kata para freelancers yang sudah pro, 1-2 tahun di awal freelance itu memang masih masa gonjang-ganjing, semua nya masih proses sampai ntar 3 tahun, baru agak stabil. Stabil di bawah atau stabil diatas :D.

Ngobrolin freelance, ada beberapa link bagus yang saya dapat selama beberapa waktu lalu, yang oke juga untuk kamu baca yang tertarik dengan freelancing.

Bagaimana memulai karir sebagai freelancer? Pertanyaan dari salah satu member di freelancer stack exchange, yang cukup basic untuk yang baru memulai dan mempertimbangkan untuk terjun ke dunia freelancing. Ada banyak masukan disana yang cocok untuk yang baru mau mulai atau yang baru mulai serius seperti saya.

Bagaimana menentukan harga project? Masih di forum yang sama, ada pertanyaan yang juga penting banget, menentukan harga. Bahkan saya sampai sekarang kadang bingung menentukan harga, ketika dipasang terlalu tinggi, bisa-bisa klien nya gak mau, terlalu rendah, bisa-bisa jadi merasa kerja rodi walaupun sebenarnya sadar yang menawarkan harga tersebut ya kita sendiri.

Bagaimana mengatur waktu bersama keluarga sebagai freelancer? Ini pertanyaan yang cocok buat freelancer yang sudah berkeluarga seperti saya. Mau gak mau harus diakui jam kerja freelancer yang bebas kadang jadi bumerang, kadang waktu di habiskan untuk mengejar deadline yang akhirnya malah mengurangi family time. Padahal niat awal freelancer salah satunya adalah agar bisa menikmati waktu lebih banyak bersama keluarga.

Tips untuk ‘single fighter’, ada banyak freelance yang berkerja secara single fighter, semua dikerjain sendiri. Saya termasuk salah satunya. Ada banyak alasan mengapa saya selalu mengerjakan sendiri, tapi makin kesini makin kerasa bahwa ya kadang kita perlu bantuan orang lain, kita perlu partner, rekan kerja yang bakal menjadi sidekick untuk bantuin pekerjaan kita. nah pada artikel tersebut ada beberapa tips memilih rekan kerja kita.

4 tips mencari pekerjaan remote. Ok ok, remote worker != freelancer, tapi tips tersebut bisa dipakai para freelancers untuk menjadi employable. Ya kali ketemu client yang bener-bener ok dan kamu beralih sementara dari freelancer menjadi fulltime crew secara remote.

11 side project yang bisa dikerjakan untuk mendapatkan income tambahan. Kalau lagi agak longgar, atau beberapa freelancer pro memang menyediakan waktu mereka untuk mengerjakan side project yang mana punya banyak tujuan dan manfaat. Salah satunya sebagai sumber income tambahan, syukur-syukur bisa jadi pasif income 🙂

Trends freelance di 2017, yep 2 bulan lagi akan masuk ke 2017, freelancer, remote worker, dikatakan akan berkembang lebih masif lagi di tahun 2017. kalau dari saya mah, dimana era makin maju, teknologi makin canggih, ini sudah seperti ‘ya uda, wajar sih’. Harapan saya cuma semoga istilah freelance dan remote worker makin menyebar luas terutama di Indonesia, supaya orang-orang yang berada di sisi ini gak di pandang sebelah mata 😉

Suka dengan artikel diatas?

Setiap akhir pekan, saya membuat artikel singkat beserta beberapa link terkait dengan topik freelancing, kerja remote, productivity, modern work and life, self improvement dan juga seputar web development. Tertarik? masukkan email mu pada form dibawah ini:

3 Balasan untuk “Tips untuk freelancers”

  1. Saya sebagai pemula freelancer masih binggung darimana saya bisa mendapatkan pekerjaan freelance ? Karena dari teman2 saya belum ada yg pernah bekerja sebagai freelance Terimakasih

    1. Ada banyak sumber untuk mencari kerjaan untuk jadi freelancer. Pertanyaannya adalah skill apa yang dimiliki? setelah itu tanya orang-orang sekitar, ada yang mau pakai skill dari kamu apa gak. kalau ada, ya selamat, berarti langkah pertama sudah dilalui 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *