Hai 👋
nama saya Yoga Sukma, saya freelance programmer perakit perangkat digital. Saat ini bekerja sebagai software engineer di runcloud.io.

Saat ini kamu berada di weblog personal saya, tempat dimana saya meletakkan opini pribadi terkait dunia kerja, programming, atau ya keluh kesah 🤭.

January 2022

Dipublikasi pada tanggal: 3 Februari 2022

Tidak seperti biasanya, tahun 2022 diawali dengan sedikit pelan, tidak bersemangat dan malah haru.

Dari sisi kerjaan, kantor sedang melakukan rilis besar bulan januari lalu, sehingga seluruh tim fokus untuk memastikan proses berjalan lancar, tidak banyak masalah/bug, dan memastikan proses bugfixing berlangsung cepat. Karena saya tidak terlibat dalam rilis tersebut, saya merasa sedikit terasingkan :D, but no worries, saya sedang mengerjakan projek yang akan kemungkinan dirilis bulan maret nanti, so buckle up 😉

Selain pekerjaan kantor, saya juga memulai beberapa projek personal, ya, “beberapa”, ada 2-3 ide yang sudah dimulai dan semuanya berhenti ditengah jalan, masalah komitmen sepertinya masih jadi momok.

Lalu juga ada mini game Wordle dan Katla yang belakangan jadi hype banget, saya selalu berlomba dengan istri saya setiap pagi 😀

Di sisi lain, Ayah mertua saya meninggal. Tentu saja ini menjadi sangat haru sekali. Saya dan keluarga selalu berkunjung setiap beberapa hari, bahkan sebelum meninggal kami sempat ada disana, seperti biasanya, ketika malam kami sempat ijin pamit untuk pulang, sesampainya di rumah, kami tidur dan tiba-tiba dibangunkan dan dikabarkan ditengah malam bahwa ya ayah mertua sudah tiada.

Ibu mertua masih ada, sehat dan baik-baik saja, tapi tentu saja kunjungan kesana akan menjadi terasa berbeda.

Jujur saja, melihat semua prosesi pemakaman, dan pengurusan setelah meninggal, membuat saya mempertanyakan kembali apa yang sudah saya siapkan kalau tiba-tiba saya tiada. Ini seperti sebuah teguran keras untuk saya pribadi karena sejujurnya saya tidak siap :(. Saya sangat tidak berarti apa-apa jika dibandingkan dengan beliau.

Semoga beliau bisa tenang disana, dosanya diampuni, dan semua ibadah dan amal baiknya diterima.