Hai 👋
nama saya Yoga Sukma, saya freelance programmer perakit perangkat digital. Saat ini bekerja sebagai software engineer di runcloud.io.

Saat ini kamu berada di weblog personal saya, tempat dimana saya meletakkan opini pribadi terkait dunia kerja, programming, atau ya keluh kesah 🤭.

February 2022

Dipublikasi pada tanggal: 1 Maret 2022

Hei, apa kabar? Gimana Februari?

Februari ini berasa menyedihkan ya, yang paling nyata angka infeksi COVID jenis omicron yang melonjak lagi. Sangat terasa karena saya sendiri merasa mungkin terinfeksi juga, soalnya ada beberapa hari yang tiba-tiba batuk pilek dan tenggorokan gak enak, beberapa hari lalu sembuh. Beberapa waktu kemudian istri juga. Tapi Alhamdulillah tidak parah lah gejalanya, tidak sampai drop.

Orang-orang sekitar dan keluarga juga kedengarannya pada batuk, ya gak tau juga, batuk bisa karena apa saja, tapi di masa sekarang, batuk jadi horor sendiri. Saya pikir benar kata beberapa akun dokter, omicron sepertinya tidak cukup parah, karena dari spesifikasi virusnya memang lebih lemah, orang-orang juga sudah pada vaksin, imunitas alami juga sudah banyak (orang yang pernah kena COVID sebelumnya), jadi bisa tertangani lah. Walaupun begitu prokes tetap mesti dijaga, ya tentu saja gak ingin dapat gacha dan drop beneran.

Belum beres dengan COVID, belakangan tentu saja heboh dengan agresi militer Rusia di Ukraina. Tentu saja saya tidak akan membahasnya karena saya bukan pakar hubungan dan politik internasional, dan saya harap semua orang juga begitu, kalau kamu bukan pakar dan bukan orang yang benar-benar mengikuti politik dan historis kedua negara, mending diam lah, tidak perlu ikut berkomentar pada hal yang tidak diketahui secara detail. Karena ya gak sedikit propaganda dan narasi yang dikeluarkan yang juga dibantah sama lawannya. Satu yang pasti perang di zaman sekarang ini berasa kejam dan primitif gak sih.

Oke cukup dengan berita buruknya, sekarang berita baiknya.

Pertama anak saya sudah ikut tes masuk sekolah, diterima, dan sudah melakukan pembayaran, so ya, 90% bakal sekolah SD disitu. Ternyata gak mudah milih sekolah, akses informasi, review bias, dan masalah selera susah juga akurnya, jadi ya semoga ini gak salah pilih lah.

Saya juga sempat melakukan presentasi di kantor, yang bertema tentang perjalanan freelancing saya. Sudah lama sekali rasanya tidak berbicara di depan orang, walaupun melalui media Zoom, bukan tatap langsung, tapi tetap saja grogi haha.

Saya juga hampir menyelesaikan produk (lebih tepatnya update, update besar) pada salah satu layanan di kantor yang akan dirilis sebentar lagi (bulan Maret). Ini akan menjadi rilisan pertama saya di kantor, hope it’s good lah.