Hai 👋
nama saya Yoga Sukma, saya freelance programmer perakit perangkat digital. Saat ini bekerja sebagai software engineer di runcloud.io.

Saat ini kamu berada di weblog personal saya, tempat dimana saya meletakkan opini pribadi terkait dunia kerja, programming, atau ya keluh kesah 🤭.

Maret 2022

Dipublikasi pada tanggal: 12 April 2022

Maret, bulan spesial telah berlalu, ah mari mengingat apa yang sudah terjadi sebulan kebelakang.

Paling pertama, dengan berat hati, rilis fitur utama di kantor mundur karena ada sedikit penyesuaian requirement, bug, dan lainya, damn man, padahal saya berharap bisa rilis fitur ini segera. Sebagai developer, salah satu kebahagian utama itu ya rilis projek dan terpakai oleh user, namun sepertinya mundur, mungkin bulan ini.

Saya juga terlibat dengan beberapa projek lama. Projek ini sebenarnya adalah projek yang sudah berjalan sejak lama, dan seperti yang saya mention diatas, kita mah sebagai developer goal nya simple, bikin produk yang dipakai secara aktif oleh orang banyak itu aja sudah seneng. Nah projek-projek ini biasa memang rutin ada pembaharuan tiap tahun, tahun ini sepertinya saya fokus untuk rebuild semuanya!. Ya, rebuild karena memang base code nya sudah 5-6 tahun dan tahun kemarin ketika ada penambahan fitur agak besar ternyata ribet sekali, selain itu dengan melihat behavior dan input pengguna selama bertahun-tahun ini, ada beberapa hal yang saya pikir bisa di optimize lah.  Jadi ya bakal di rebuild tapi santai.

Oh saya juga melakukan renovasi rumah, agak minor sih penambahannya, lebih banyak maintenance. Jadi memang memiliki rumah sendiri itu tidak cukup cuma sampai diisi barang dan maintenance kecil, tapi kadang maintenance besar yang ya dari segi biaya lumayan juga euy. Itu kenapa kadang rumah sebagai tempat tinggal disebut sebagai liabilitas, karena ya kalau kamu punya rumah sendiri ya kamu mesti siap untuk maintenance.

Tak lupa, blog ini juga mengalami ‘renovasi’ juga, mungkin agak samar karena color schema nya masih sama, tapi ada beberapa penambahan dan perubahan disana sini. Mulai dari halaman beranda / halaman utama, sekarang selain menampilkan profil saya, juga menampilkan “update terbaru”, rencananya ini akan menampilkan ya update terbaru keadaan saya. Karena saya sudah tidak aktif di sosial media, bagian update terbaru ini akan menjadi penggantinya. Lalu juga ada daftar tulisan terakhir yang bukan merupakan update, karena jujur saja, terakhir nulis yang pakai niat itu sudah hampir 1-2 tahun lalu, yang belakangan kebanyakan cuma curhat update tidak penting haha.

Bagian lain yang berubah dari blog ini adalah tidak ada kolom komentar. Ada beberapa alasan (1) tidak banyak juga yang berkomentar haha (2) saya mempertimbangkan untuk dibuang sekalian biar bisa beralih ke blog model file statik (3) gak ketemu desain form dan daftar komentar yang menarik (4) belum sempat ngerjain :D. Tapi serius form komentar ini ada di posisi antara penting dan tidak penting, mungkin kalaupun ada fitur komentar, harus banyak yang diperbaiki karena default sistem komentar WordPress saya pikir cukup repot dan tidak menarik.

See you next