Hai 👋
nama saya Yoga Sukma, saya freelance programmer perakit perangkat digital. Saat ini bekerja sebagai software engineer di runcloud.io.

Saat ini kamu berada di weblog personal saya, tempat dimana saya meletakkan opini pribadi terkait dunia kerja, programming, atau ya keluh kesah 🤭.

April 2022

Dipublikasi pada tanggal: 1 Mei 2022

Akhirnya setelah tertunda beberapa waktu, kantor akhirnya merilis fitur baru yang sudah saya (dan rekan kerja lainnya) kembangkan selama beberapa bulan terakhir. Singkatnya, fitur ini terkait dengan Backup. Fitur ini akan membantu user untuk melakukan backup website dan database dan menyimpannya ke layanan S3 storage milik user, dan tentu saja termasuk proses restore-nya.

Ketika ditawarkan untuk mengerjakan fitur ini, saya langsung mengiyakan karena jujurnya saya sudah lama juga ingin membuat tools backup dan restore ini untuk keperluan pribadi maupun projek. Selain itu, fitur ini jadi spesial buat saya personal karena ini fitur pertama yang saya kerjakan di kantor ini, merasakan proses planning, development, testing dan release nya berasa pengalaman baru.

Tentu saja, tidak cukup sampai release, fase berikutnya akan lebih rumit, menangani feedback dari user. Karena ini fitur premium, tentu saja user bakal berharap mendapatkan layanan premium, so mungkin bulan depan akan “ramai” 😀.

Hal lain? tak ada, proses pre-launch beneran memakan banyak energi, tak ada banyak waktu buat melakukan hal lain 🙁

Tapi ada beberapa hal atau berita menarik buat saya pribadi, pertama, Ubuntu 22.04 sudah rilis! akhirnya bisa upgrade dari 20.04, saya lebih prefer LTS jadi ya cukup lama menunggu untuk rilis. Gnome 42 nya terlihat sangat keren.

Kedua, Erik Ten Hag resmi jadi manajer Manchester United mulai season baru nanti, ini akan sangat menarik setelah tahun ini secara performance grafik United selalu lower low tiap hari nya, dan membuat fans nya banyak mengelus dada haha. Tentu saja tidak bisa berekspektasi banyak, proses rebuild akan terjadi (lagi) dan sepertinya akan seru 🙂.