Hai 👋
nama saya Yoga Sukma, saya freelance programmer perakit perangkat digital. Saat ini bekerja sebagai software engineer di runcloud.io.

Saat ini kamu berada di weblog personal saya, tempat dimana saya meletakkan opini pribadi terkait dunia kerja, programming, atau ya keluh kesah 🤭.

Juni 2022

Dipublikasi pada tanggal: 5 Juli 2022

Duh Juni sudah berlalu, artinya tahun 2022 sudah separuhnya berlalu, tapi sejujur nya gak kerasa, tau-tau sudah lewat.

Bulan Juli ini rasanya bulan paling sibuk dibanding bulan-bulan sebelumnya, ada 2 projek sampingan yang dirilis, sebenarnya sudah lama beres, tapi kok ya barengan rilis bulan ini dan seperti biasa sindrom launching minggu-minggu pertama itu heboh banget. Selalu saja ada “masalah”,

2 projek ini lumayan “seru” karena terkait hajat hidup orang banyak haha, yang satu penejualaan tiket transportasi dan yang satu pendaftaran beasiswa. Keduanya merupakan projek yang kalau sudah waktunya, waktu untuk keberangkatan atau pendaftaran beasiswa maka ya secara trafik dan load bisa heboh sekali. Kalau sudah masalah, efek nya langsung ramai dan kerasa karena banyak orang yang bakal terhambat urusannya.

Saya juga melakukan “upgrade” PC saya, upgrade kecil, cuma menambah RAM 8gb, dan ya ternyata dual channel itu memang sangat membantu, ya tentu juga karena kapasitasnya jadi lebih besar. Jujurnya saya merasa 8gb itu sudah cukup lah buat saya, tapi belakangan agak banyak kerjaan yang mesti di load, virtual machine juga ada beberapa yang aktif, punya lebih banyak RAM better lah.

Juni juga jadi bulan terakhir anak saya belajar di TK, karena bulan Juli bakal mulai masuk ke SD, tentu saja kami semua sangat menantikannya, gak sabar euy. Karena ya tentu saja tidak seperti TK yang cenderung “main”, SD mah lebih serius dan lainnya, bukan cuma dari sisi si anak saja, tapi dari ortu juga.

Sip, Lanjut ke semester 2 2022! 🙂