Hai 👋
nama saya Yoga Sukma, saya freelance programmer perakit perangkat digital. Saat ini bekerja sebagai software engineer di runcloud.io.

Saat ini kamu berada di weblog personal saya, tempat dimana saya meletakkan opini pribadi terkait dunia kerja, programming, atau ya keluh kesah 🤭.

August 2022

Dipublikasi pada tanggal: 8 September 2022

Sejujurnya tidak banyak yang berlalu dibulan agustus lalu, dan malah berasa berlalu begitu saja.

Dari sisi kerjaan agak sedikit selow karena kebanyakan dipakai untuk bug fixing, setelah rilis fitur baru, perlu waktu untuk cooling down salah satunya ya kontribusi di bug fixing.

Saya baru sadar gimana susahnya rasanya bug fixing untuk layanan yang dipakai banyak orang, kadang terlihat sederhana, tapi ternyata jadi masalah ketika saya tidak bisa menemukan kondisi bagaimana masalah tersebut muncul, pendek katanya: “di tempat saya baik-baik saja kok”, harus menemukan situasi yang tepat supaya bisa me-replicate keadaan user.

Sempat pula bantu-bantu untuk masalah isu di WordPress (sebagian besar user adalah pengguna WordPress), dan lebih kacau lagi, ketika suatu masalah terjadi, bisa jadi karena konflik dengan theme, atau juga plugin lain, atau setingan user, atau isu di microservices kami, sungguh challenging.

Karena agak longgar, saya juga sempet berkenalan dan mempelajari Golang. Di kantor sendiri, salah satu service kita menggunakan golang, dan saya juga ikut terlibat didalamnya, tapi ya cuma bagian kecil saja, dan cukuplah buat refreshing lah, so saya sempatkan untuk belajar Golang lebih dalam. Sudah terpikirkan untuk merubah beberapa hal pada projek personal saya menggunakan Golang, tapi belum tau lah, jangan-jangan semangat ini cuma efek hype di saya saja haha.

Oh diluar kerjaan, saya juga sempet ikut seminar parenting dari Aba Ihsan, jujurnya saya kurang tau, tapi beliau ini cukup beken lah dikalangan orang yang peduli parenting, sudah beberapa buku terbit dan 20 tahun pengalaman memberikan seminar sejenis.

Saya agak pesimis awalnya, tapi beliau oke banget memberikan materi, ada banyak hal yang bikin moment “Bener juga ya..”, mungkin saya akan bikin postingan terpisah untuk review hasil dari seminar, singkatnya saya rekomendasi lah untuk para orang tua yang pengen upgrade diri.

So yeah, see later.