AdBlock

Sebagai pekerja yang berkaitan dengan internet, tentunya saya sudah terbiasa dengan keberadaan Ads, dan ya tentu saja saya juga mengerti bahwa keberadaan Ads tersebut adalah untuk membantu memberikan pendapatan untuk media atau pemilik website.

Tapi pada kebanyakan kasus, keberadaan Ads tersebut cukup mengganggu, dari segi artistik sungguh merusak tampilan, selain itu juga menambah beban ke pengunjung karena ya mesti melakukan load data untuk menampilkan Ads tersebut.

Seperti contoh tampilan screenshot diatas yang diambil dari salah satu website berita favorit saya. Teks berita hanya 3 baris namun proporsi Ads nya bisa dibilang 90%?

Ini kenapa di browser desktop saya selalu terinstal Adblock, karena jatuhnya beneran ganggu user experience. Sayangnya untuk beberapa tempat seperti browser di dalam RSS rader saya, atau ya seperti di perangkat mobile begini, agak ribet.

Saya berharap sih kedepannya industri Ads bisa memperbarui sistem mereka, supaya semua pihak yang terlibat (platform, media, pemilik iklan, pengunjung website) semuanya bisa win.

Saya ingat salah satu Ads provider seperti Carbon Ads, mereka tetap menampilkan Ads, tapi tanpa mengganggu pengunjung website.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *