RunCloud Team Meetup

Beberapa waktu lalu saya punya kesempatan untuk menghadiri meetup bareng rekan-rekan kerja di RunCloud. RunCloud sendiri punya headquarters di Selangor, Malaysia, sehingga ini juga menjadi pengalaman pertama saya untuk pergi ke Malaysia.

2 Hari pertama tidak banyak yang bisa dilakukan karena ya habis waktu diperjalanan. Perjalanan dari tempat tinggal saya di Samarinda-Selangor cukup ribet, saya mesti pergi ke Balikpapan dulu, lalu mesti transit di Jakarta. Kebetulan di Jakarta juga ada rekan kerja, jadi memang transit, istirahat sekalian jemput dan berangkat bareng keesokan harinya. Sampai di area kantor pun sudah jam 10 malam, dan sudah pada sepi, jadi ya langsung menuju AirBnB room yang sudah disiapkan dan tidur.

Hari ketiga, saya langsung menuju kantor, karena memang kamar kami masih 1 area dengan kantor, jadi tinggal jalan kaki saja. Di sana sudah ada beberapa teman-teman yang sudah berkumpul. Jujur saja, saya agak minder sebelumnya karena ya saya tidak pernah bertemu mereka secara langsung, paling-paling via Zoom call saja, jadi untuk membaur agak sungkan sebenarnya. Tapi ternyata mereka menyambut dengan ramah dan asyik, saya tidak berekspektasi semudah itu untuk langsung berbaur.

Kita saling bertukar cerita, karena selain saya dan 1 teman dari Indonesia, sebagian lain walaupun tinggal di Malaysia, mereka bekerja secara remote dikarenakan lokasi tempat tinggal yang jauh dari kantor, sehingga kesempatan ini menjadi kesempatan untuk semuanya bisa berkumpul.

Berikutnya kami bersiap untuk berangkat menuju tempat gathering kami yaitu Janda Baik, saya juga sama herannya kenapa dinamakan seperti itu haha.

Setelah perjalanan darat yang cukup lama, kami sampai disana, langsung istirahat dan makan siang, dan beberapa game ringan, lanjut ke agenda berikutnya yaitu river tracking aka jelajah sungai dan game kelompok lainnya.

Malam harinya, kami berkumpul lagi dalam acara makan malam besar, sekaligus juga merayakan ulang tahun RunCloud yang ke 5.

Pada malam ini, semua divisi RunCloud diharuskan untuk memberikan persembahan berupa stage perfomance, sehingga saya dan tim engineer lain pun juga harus menampilkan sesuatu untuk acara ini, dan kami memutuskan untuk melakukan penampilan Dikir Barat, semacam tarian dari melayu yang ya walaupun saya sama sekali tidak tahu, jadi terpaksa bisa walaupun harus nyontek kiri kanan haha.

Hari ke-empat, masih di Janda Baik, acara utamanya adalah Townhall, dimana para board member RunCloud memberikan presentasi dari setiap divisi terkait apa yang sudah dilakukan selama tahun 2022 dan plan untuk kedepannya. Acara ini juga menjadi tempat diskusi para staff dan seluruh pihak terkait mengenai apa saja yang menjadi masalah, dan saling memberi masukkan untuk menjadikan RunCloud lebih baik. TLDR: acara serius untuk perencanaan program kerja di RunCloud.

Setelah acara “semi santai” tersebut, kami bersiap untuk pulang kembali ke headquarters.

Hari ke-lima dan ke-enam, balik seperti hari biasa, kami melanjutkan kerja lagi, namun sedikit berbeda karena semua staff berkumpul di kantor. Biasanya selalu diawali dengan standup meeting via Zoom, kali ini beneran stand up dan berhadapan langsung :).

Sebagai orang yang telah bekerja sebagai remote worker aka WFH sejak 7 tahun lalu, suasana kerja kantor, bertemu langsung dengan rekan kerja dan langsung berdiskusi dan saling tanya memberikan angin segar tersendiri. Ada banyak hal yang tidak bisa digantikan dengan video call, huddle, dan text chat.

yang ini bukan kerja, melainkan cari sarapan bareng ๐Ÿ™‚

Hari ke-tujuh dan ke-delapan, saya dan beberapa teman pagi-pagi berangkat menuju gedung World Trade Center, Kuala Lumpur, untuk menghadiri acara JomLaunch 2022.

JomLaunch adalah acara gathering penggiat IT di Malaysia. Acara yang diadakan tiap tahun ini berisi beragam acara dari komunitas IT, dan juga pameran dan booth dari startup-startup yang ada di Malaysia dan juga beberapa perusahaan IT besar seperti AWS dan Linux Foundation juga ada.

RunCloud sebagai salah satu sponsor utama acara ini juga punya booth dan ya hari itu adalah giliran saya dan beberapa teman untuk “jaga booth”.

Foto kegiatan JomLaunch lainnya bisa dilihat di Facebook page JomLaunch https://www.facebook.com/jomlaunch/photos/?ref=page_internal

Sayangnya saya keasikan sendiri sampai melewatkan meetup komunitas Flutter Malaysia.

Hari ke-delapan juga masih sama, di rangkaian acara JomLaunch, tapi RunCloud punya panggung sendiri, yaitu cloud summit, acara yang berisi penyampaian dari para profesional di industri Cloud Computing.

Hari ke-sembilan dan ke-sepuluh, sebenarnya masih ada rangkaian acara di JomLaunch, tapi saya tidak ikut karena ya sudah waktunya pulang, seperti waktu berangkat, saya perlu waktu 2 hari (termasuk istirahat dan menginap di Jakarta) untuk balik ke Samarinda, jadi ya perjalanan panjang.

Rangkaian acara tersebut adalah pengalaman yang sangat berharga buat saya dan saya yakin yang lainnya juga, karena ya dalam kesempatan tersebut saya jadi bisa saling mengenal langsung lebih dalam dengan rekan-rekan lainnya. Karena ya seperti saya sebutkan diatas, biasa juga ketemu secara online dan paling cuma 20 menit stand up meeting.

Saya berterimakasih banget sama tim RunCloud, karena ya walaupun remote staff dan bahkan beda negara, masih diberi kesempatan ini untuk pergi berkumpul disana.


Satu tanggapan untuk “RunCloud Team Meetup”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *