Drama Twitter

Kita semua tahu bahwa di Twitter-land memang penuh drama, rasanya tiap hari selalu ada aja thread yang bikin drama, ngundang berantem online, “woke up” thread, dan lain sebagainya. Kalau gak drama atau berantem, ya isinya promote link referal ke marketplace, atau promo “VCS” fake dengan gambar yang sangat menarik dan tanpa batasan umur, yang mencoba menjaring hidung belang, atau kpop fans yang.. sudahlah.

Tapi kali ini saya pengen fokus ke Twitter, si perusahaanya sendiri.

Sejak diambil alih Elon Musk, rasanya tiap hari selalu ada drama juga, tiap baca berita internet, forum tech, ada aja muncul berita terkait apa yang dilakukan Twitter yang menjurus nya ke bad news mulu.

So saya mencoba rekap berita (dan linknya) apa aja hal aneh yang terjadi di Twitter semenjak diambil alih.

  1. Twitter pecat 30% pegawai (atau lebih?) di beberapa hari awal Elon Musk datang
  2. Twitter nge-hire lagi beberapa pegawai yang dipecat, ya karena gak bisa main pecat secara masif begitu aja, memang nya siapa yang lanjut maintenance sistemnya.
  3. Twitter pecat lagi, pegawai yang barusan di-hire setelah sebelumnya dipecat, eh gimana gimana?
  4. Pegawai twitter disuruh nge-print code yang dibuat untuk di-review, yeah good luck with that.
  5. Centang biru jadi paket berbayar, mulai penggalangan dana nih.
  6. Twitter narik kembali paket berbayar, stop dulu, soalnya di abuse sama orang yang palsuin identitas karena sistem verifikasi nya yang penting bayar, tanpa ada verifikasi lanjutan.
  7. Twitter memperkenalkan gold checkmark, $1000 per month untuk akun media! tidak termasuk staffnya.
  8. Twitter matiin akses API secara mendadak, bikin hampir semua aplikasi atau perusahaan yang bikin 3rd party app langsung kebakaran karena mendadak dimatiin tanpa pemberitahuan ataupun persiapan.
  9. Twitter memperkenalkan akses API berbayar, no comment.
  10. Twitter nge-block link yang mengarah ke social media lain, insecure dia-nya.
  11. Elon musk menyuruh pegawainya untuk boost akun dan tweet nya dia supaya lebih populer, insecure dia-nya (2)
  12. Twitter matiin fitur “login with Twitter” SSO, ini baru kemarin sih, dan belum dicoba karena memang sudah dari dulu gak pernah login pakai Twitter, kacau sih ini kalau dadakan.
  13. Twitter merubah logo nya jadi logo Shiba inu, logo nya Dogecoin, ini paling parah sih, logo nya diubah, dan ngefek ke popularitas Dogecoin, harga Dogecoin melambung yang mana kita semua tahu Elon Musk punya stake disana, which mean kekayaannya juga ikut naik.

Parah sih memang, apalagi yang terakhir, gak jelas sama sekali tujuannya penggantian logo dan ya jelas itu menguntungkan diri sendiri dari sisi ekonomi, mau dibilang April Mop juga telat banget.

Saya membayangkan gimana kerjanya di lingkungan kerja seperti itu, serba gak jelas dan absurd banget. Bayangin kamu jadi pegawai terus “Bro, ubah logo twitter jadi logo shiba for the lulz“.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *