Halo, 2024

Setelah semingguan sibuk ngurusin migrasi data, akhirnya sempat untuk melanjutkan tren tahunan di blog ini, annual review dan goal di tahun ini. Seri post seperti ini sudah berjalan dari tahun ke tahun:

Tapi sebelum menuju 2024, balik ke 2023 dulu.

2023

Kalau ditanya apakah tahun 2023 saya sukses? maka jawabannya, ya, berjalan sesuai rencana, yang mana rencananya adalah hidup slow, no expectation, no pressure. Saya ingin menjalani hidup kalem saja. Bukan tanpa alasan, ini karena sebelumnya agak jungkir balik.

Tahun 2020-2021 itu agak complicated, dan tahun 2022 sedang beradaptasi bukan cuma dengan kantor baru, tapi beneran gaya hidup baru yang tadinya freelancing jadi 9-5 staff, banyak banget yang berbeda, jadi di 2023 ini pengennya lepas aja tanpa pressure dan ekspektasi mesti gimana-gimana.

Jadi selain rutinitas kerja, termasuk 2 projek yang sudah berjalan sejak beberapa tahun terakhir, saya gak lagi fokus mikirin, iseng, dan kerja sama bikin produk atau sejenisnya, bahkan sama sekali gak follow up trend atau apapun yang lagi ramai di kalangan temen-temen kreatif lagi bikin ini itu. Beneran “bodo amat”.

Tahun ini saya juga punya kesempatan untuk mengajak keluarga pergi ke Malang selama 10 hari. Kerasa banget perbedaan dibanding series jalan-jalan sebelumnya, dimana sekarang jadi agak susah karena mesti nunggu anak libur sekolah, yang ternyata gak panjang-panjang amat liburnya, dan kalau anak libur, maka kemana-mana jadi rame dan juga kena harga peak season untuk segalanya (penginapan, tempat wisata, pesawat), jadi ya kena charge lebih. Sudah gitu saya juga mesti nyari cuti dan gak boleh diambil dalam sekali waktu juga, jadi terbatas waktunya. Semua agenda perjalanan dipepetin pokoknya biar semua tujuan tercapai, Alhamdulillah, bisa bertemu dengan keluarga yang belum sempat ketemu sebelumnya, ketemu senior saya, dan masih sempat pergi keliling jatim park πŸ™‚

Belakangan saya juga mulai suka foto, dari dulu sebenarnya, tapi sekarang jadi lebih tertarik, bahkan sekarang blog ini punya halaman khusus /photos sendiri. Masih jauh dari kata β€œphotographer”, bahkan kamera juga masih pakai smartphone doang, tapi ya seneng aja.

Saya juga mulai aware sama kesehatan badan, mulai mengurangi konsumsi gula, sudah berhenti kopi instan, yang mana dulunya bisa tiap hari, diganti dengan kopi bubuk + susu gak tau itu lebih baik atau sama aja :). Terus juga mulai workout dan joging, walaupun cuma 2 bulan ngegym πŸ˜€ sekarang beli dumbells sendiri niatnya biar bisa lebih leluasa di rumah.

2024

So 2024 goalnya apa?

Jujurnya, slow life style 2023 itu walaupun menenangkan tapi juga agak bikin kuatir, takut terlena dan jadi keterusan, karena as programmer, perlu banget untuk tetap improve dan sharp.

Selain itu juga, pengalaman yang sudah-sudah sih saya gak pernah lebih dari 3 tahun dalam 1 perusahaan yang sama, dan berhubung 2024 ini adalah tahun ke 3 saya, saya kuatir tahun depannya saya akan mulai bosan atau kantor yang bosan sama saya πŸ™‚ so mesti aware dan siap-siap sih.

Juga belakangan saya ketemu artikel ini https://www.robinsloan.com/notes/home-cooked-app/ intinya si author bikin aplikasi untuk kebutuhan sendiri dan keluarga, just it, gak ada fitur berlebih atau gimana-gimana, bener-bener memasang diri sendiri dan keluarga sebagai target market. Artikel ini menginspirasi saya untuk melakukan hal yang sama, i should just write any apps, sama seperti orang yang memasak masakan sendiri di rumah setelah makan di luar, atau tukang bangunan yang modif rumahnya sesuai keebutuhan, saya pun harusnya bisa melakukan hal yang sama dalam bentuk aplikasi, kalau ada keresahan atau kebutuhan akan suatu hal yang bisa diselesaikan secara digital, saya akan berusaha bikin sendiri apps nya, bahkan kalau sudah ada apps nya bisa jadi tetap dicoba bikin sendiri karena pastinya secara fitur akan lebih sesuai dengan kebutuhan saya pribadi, dan semua itu dilakukan tanpa harus memikirkan monetasi, pure self interest.

Mungkin itu bisa membantu saya tetep improve dan sharp dan siap kalau nanti tahun depan sudah stuck dan bosan ditempat kerja yang sekarang.

Selain itu saya juga ingin lebih konsisten dan disiplin untuk workout, paling tidak bisa menjaga badan tetap fit, syukur-syukur bisa bentuk body πŸ˜‰ dan juga mengeksplore hobi dan skill baru diluar dunia tech.

Adapun target lain, saya prefer disimpan sendiri πŸ˜‰


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *