WordPress

Kalau ngobrolin WordPress, ada banyak love-hate relationship didalamnya. Untuk tech-people, apalagi programmer WordPress adalah produk yang sudah “jadul”, sudah gak oke, unoptimized pokoknya gak menarik Dan sebisa mungkin bisa stay jauh-jauh Dari WordPress.

Sebagai programmer, khususnya web programmer, saya pun merasakan hal yang sama, sudah males urusan sama WordPress yang sekarang juga makin ribet dan bloated.

Tapi suka tidak suka, WordPress sangat user friendly, kecuali kamu manage website super besar yang mungkin punya kebutuhan khusus yang tidak di-cover di WordPress, maka effort untuk menggunakan site builder, CMS, atau malah bikin sendiri itu gak sebanding dan lebih ribet.

Dari sisi development mudah, terutama untuk PHP developer (yang memang bukan job seksi lagi). Ya semakin kesini memang makin ribet dan makin masuk ke dalam js-hell tapi still doable.

Dari sisi deployment juga gampang, tinggal upload dan beres, gak perlu server yang aneh-aneh. Server Rp. 30.000 juga sudah cukup dan bisa buat jalanin website berbasis WordPress.

Dari sisi penggunaan, juga gampang, Dashboard nya sudah sangat user friendly, sekarang sudah ada block editor yang bisa bikin macem-macem bentuk website. Juga ada aplikasi mobile, jadi untuk posting update juga mudah. Untuk aplikasi mobile ini saja sudah menutup 70% alasan saya untuk tidak membuat CMS sendiri

Dari sisi optimasi, ada banyak plugin yang bisa diginakan, sebagian besar juga free. Saya sendiri menggunakan plugin untuk keperluan backup, storage, security, SEO, dan sejenisnya. Mungkin nanti saya share juga daftar plugin yang saya gunakan

Dengan berbagai kemudahan itu, bahkan untuk saya yang memang kerjaanya sebagai web programmer juga merasa too much effort untuk bikin solusi CMS sendiri. Tentunya masih ada banyak cases dimana saya perlu untuk bikin sistem sendiri, tapi untuk sebagian besar cases yang sering saya temuin sudah cukup terhandle menggunakan WordPress.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *