ViewSonic VX2758A

Akhirnya sudah ditentukan, dan sudah dibeli juga, monitor pengganti Samsung G324 yang rusak kemarin, ini adalah monitor dari ViewSonic, ViewSonic VX2758A-2K-PRO-2.

Sebenarnya saya bingung memilih, 1 monitor 2K, atau 2 monitor FHD 24 inch, karena mempertimbangkan kemudahan split screen beneran, kan enak tuh punya 2 monitor dimana 1 monitor dipakai untuk satu hal dan monitor utama melakukan hal lain. Tapi saya lebih penasaran sama 2K, karena walaupun sudah lama, saya jujurnya belum pernah menggunakannya, so saya pilih yang 2K saja, dan hasilnya.. wah, mantap!.

Untuk monitor 2k pun ada beberapa pilihan yang saya target, salah satunya produk dari MSI ini, 27inch, 2K, dan refresh rate nya sedikit lebih rendah, cuma 100Hz, tapi karena saya bukan untuk gaming maka saya pikir bolehlah, lumayan jadi sedikit miring harganya, sayangnya stocknya gak ada, jadi oke pindah ke ViewSonic ini, yang mana spesifikasi kurang lebih sama, dengan refresh rate yang lebih tinggi, 170Hz.

Setelah pasang, saya langsung kerasa wah nya. Ya karena memang sebelumnya menggunakan monitor FHD 24 inch, begitu pakai 2K 27 inch langsung kerasa bedanya, instant!. Seperti dugaan saya, dari sisi entertaiment, karena saya sering menggunakan untuk menonton video, kerasa banget lebih jernih, smooth, luas dan halus. Dari sisi produktifitas juga improved banget, yang tadinya saya cuma bisa split 2 screen, sekarang bisa jadi 5 screen (3 screen, screen ke 3 dibagi 3 horizontal).

Tadinya ada sedikit masalah, entah color profile nya ngaco banget, warna nya kacau, dicobain ganti settingannya malah makin kacau, akhirnya bisa fix setelah di klik factory reset, hmm aneh.

Masalah lain adalah karena 2K, beberapa website jadi terlihat agak gak balance, kadang terlalu kekiri, kadang terlalu banyak white space, bahkan website ini juga tadinya sedikit kacau di halaman home, masalah responsif desain aja, bukan karena monitornya.

So ya mantap lah ini, worth banget upgrade nya. Cuma memang ya itu, 170Hz ini mungkin mediocre banget buat kebanyakan orang, tapi untuk saya ini berlebihan karena gak dipakai buat gaming juga, jadi sebenarnya refresh rate yang lebih rendah pun oke juga, dan bisa bikin harga lebih murah.

seluruh gambar dari website ViewSonic: https://www.viewsonic.com/global/products/lcd/VX2758A-2K-PRO-2


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *