Mastodon? LOL

Postingan sebelumnya terkait migrasi ke Mastodon, saya punya dua konsen utama yang bikin malesin, dan ternyata kejadian nyata. Salah satu server Mastodon yang cukup populer mastodon.lol akan dimatiin.

Konteksnya “mungkin” dari sini https://mastodon.lol/@nathan/109836004635134601

Tipikal drama sosial media, dan SJW dan sejenisnya, berawal dari game Harry Potter, terus merembet ke JK Rowling dan perbedaan pendapat terkait semua ini (lihat komentarnya, pada berantem online).

Terus berujung ke https://mastodon.lol/@nathan/109836633022272265

Secara sepihak, pemilik server memilih matiin server dan memaksa pengguna yang “numpang” untuk pindah ke server lain, yang mana berarti username atau handler user juga akan berubah?

Ini adalah contoh dari postingan saya sebelumnya terkait social media toxic, dan kebebasan semu jadi masalah di Mastodon.

Kamu bebas berpendapat, tapi beberapa orang mungkin terlalu keras dan beberapa orang terlalu menganggap personal, jadilah drama toksik.

Jadi lebih parah ketika itu mengganggu pemilik server dan mutusin untuk sudahan aja ngurus servernya, jadilah bubar semua. Masih mending kalau pemilik server kasi waktu untuk migrasi, kalau gak? ya sudah hilang semua data-data user.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *