Google One

Kelanjutan dari postingan sebelumnya, saya punya sedikit masalah dengan Google Workspace, dan saya ketemu Google punya produk Google One yang mana lebih masuk akal?

So sebelumnya, saya mencoba mencari beberapa alternatif untuk menyimpan file saya secara online, sebagian besar sih foto, tapi juga kalau memungkinkan file berkas kerjaan. Beberapa opsi tersebut:

Drobox opsi paling awal dan mudah untuk, tapi ya secara budget lumayan dan storage terlalu besar, 2TB, itu hampir sama dengan Google Workspace sebenarnya, jadi secara “mending”, ya mending Google Workspace.

Photobucket, honestly, ini opsi paling oke sih. Separo harga dari Dropbox, dengan separo size, jadi ya wajar, terintegrasi untuk backup foto. Satu-satunya yang gak enak cuma dia gak punya fitur sharing? saya masih belum yakin sih, kalau mau nambah fitur sharing nambah biaya dan jatuhnya jadi sama seperti Dropbox secara harga tapi dengan storage separo nya?

Saya gak ketemu opsi lain lagi, dan ya akhirnya malah nemu Google One, yang menurut saya ada beberapa keunggulan dibanding alternatif lainnya.

Harga wajar

Secara satuan per GB bisa dibilang agak mahal, tapi untuk kebutuhan personal yang mana gak begitu banyak perlu storage, masuk akal, 20rbu untuk 100GB, jadi masih normal secara harga dan secara storage juga cukup, gak mubazir!

Google Photos

Karena masuk dalam ekosistem Google, maka saya bisa menggunakan Google Photos dengan storage dari Google One ini, dan Google Photos ini keren banget menurut saya. Bukan cuma saya, karena juga masuk Gear of the Year dari salah satu website Photography https://www.dpreview.com/opinion/5915860775/gear-of-the-year-google-photos. Jadi ya sangat nice kalau bisa tetap menggunakan Photos.

Ekosistem Google

Ya sama seperti Google Photos, storage dari Google One bisa dipakai untuk semua aplikasi di ekosistem Google, seperti Gmail dan Google Drive, jadi storage nya bisa multipurpose. Saya masih bisa simpan dokumen kerjaan saya sekalian disini.

Family Sharing

Ini fitur yang menurut saya agak wah, family sharing adalah hal wajar di berbagai aplikasi, tapi biasanya kena biaya berbeda, nah di Google One saya bisa share dengan keluarga (max 5 anggota) tanpa ada biaya tambahan! Jadi misal saya berbagi dengan istri saya, bisa dibilang misal pakai paket yang 100GB, Rp. 20k per bulan jadi kerasa Rp. 10k per bulan per orang, jadi kerasa lebih murah.

Dengan begitu, saya rasa pilihan untuk storage saya jatuh ke Google One, dan saya pikir kalau kamu pengguna smartphone Android adalah normal untuk pakai Google One karena ya itu tadi, storage default Google 15GB pastinya gak cukup dan dengan menggunakan Google One berasa tidak perlu nambah aplikasi atau lainya karena Google One seperti akun Google biasa hanya saja dengan storage yang lebih besar.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *