Google Workspace

Padahal baru saja saya letakkan dalam tech setup 2023, tapi saya akan beralih keluar dari Google Workspace setelah subscribe sejak tahun 2016!

Saya menggunakan Google Workspace (sebelumnya GSuite) tadinya untuk supaya punya email dengan domain sendiri (tentu saja domain yogasukma.web.id ini), tentu saja ada banyak email provider lain, biasanya setiap hosting provider juga menyediakan email server service, tapi masalahnya biasanya kena blacklist, atau masuk ke area Spam kalau digunakan untuk mengirim email, jadi cara paling valid untuk bypass filter dari email provider terutama Gmail, ya dengan pakai Gmail itu sendiri, oleh karena itu saya gunakan Google Workspace ini.

Selain untuk keperluan email, belakangan saya merasa kehidupan digital saya berputar disekitar ekosistem Google. Handphone menggunakan Android, Login with Google juga adopsinya cukup luas, Google Photos juga cukup membantu banget! (saya punya library foto sejak tahun 2013!), jadi saya menggunakan akun Google Workspace ini untuk semua kebutuhan yang memiliki koneksi ke Google.

Tapi akhir tahun 2023 ini ada beberapa hal yang cukup menggangu saya, sehingga saya akhirnya akan mengakhiri layanan ini.

Pertama, jelas sekali masalah biaya. Pada tahun 2016, subscription saya adalah sebesar Rp. 35k per bulan, lalu tiap tahun mengalami kenaikan, dan terakhir november 2023 kemarin saya membayar sebesar Rp. 96k per bulan, kalau diingat-ingat, tiap tahun saya mengalami kenaikan harga sebesar Rp. 10k, masalahnya tidak ada perubahan ataupun penambahan fitur untuk pengguna, paket yang saya gunakan di akhir 2023 ya sama seperti paket saya di tahun 2016.

Kedua, seperti saya bilang sebelumnya, tidak ada penambahan fitur sejak 2016 sampai 2023, termasuk storage size, saya dapat free 30 GB dalam paket saya, tidak ada penambahan. Nah, belakangan ini saya mulai suka foto-foto, dan size 30 GB ini akhirnya penuh, so saya ingin menambah storage size, tapi ternyata Google Workspace tidak menyediakan paket untuk menambah storage.

Satu-satunya cara saya menambah storage adalah beralih ke paket Google Workspace yang lebih tinggi, dengan biaya Rp. 196k per bulan, dan saya akan mendapatkan storage sebesar 2 TB!

Sebenarnya itu harga normal, masalahnya saya gak (belum) perlu storage sebesar 2 TB, dan tentu saja Rp. 196k per bulan terlalu banyak untuk kebutuhan saya.

Di sisi lain, ada Google One, yang bisa subscribe per 100GB storage! dan cukup murah, Rp. 23k per bulan untuk 100GB adalah cukup, dan kalau kurang ya tinggal upgrade ke plan berikutnya, 200GB dan harganya juga normal.

Masalahnya cuma dibagian email yang bisa menggunakan custom domain, tapi di range Rp 96k ada banyak alternatifnya.

Jadi ya disayangkan, setelah subscribe selama 8 tahun sepertinya saya akan mengakhiri kontrak ini, Padahal seandainya bisa upgrade storage dengan jumlah lebih masuk akal maka itu sudah cukup.


Satu tanggapan untuk “Google Workspace”

  1. […] dari postingan sebelumnya, saya punya sedikit masalah dengan Google Workspace, dan saya ketemu Google punya produk Google One yang mana lebih masuk […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *